Wednesday, September 19, 2007

sahurku sayang, sahurku malang

Ini ceritanya tulisan paksaan, tapi ga papa, thank's lagi buat ine.


Ceritanya ini tentang kesan waktu ngikutan Pelatihan Politik Perempuan (deu..), trus nyambung soal sahur munggaran...


Selama ini urusan politik buat umi, ya anget ga anget gitu. Satu hal karena dari kecil hidup di lingkungan perpolitikan(aduh!) ada masa rada-rada males ngomongin politik (inget waktu kecil suka ikut ayah mendampingi ngajar mahasiswa, puas abis ngejawab pertanyaan soal uu tatanegara etc. yg mahasiswa ga bisa jawab, ampe bosyeeeeen....),nyambung 'ga ya..?


Nah kemarin, dua hari menjelang ramadhan dapat undangan dari Salimah untuk mengisi kuota Pelatihan PolitikPerempuan yang diadakan Kaukus Perempuan Politik Indonesia atas sponsor Pemda Jabar, dan ternyata lumayan ada pencerahan. Yang pasti untuk ukuran politikus perempuan di Jawa Barat, angkat jempol buat Ibu Hj. R Ella Muhammad, Ibu dipl.Ing. Hj. Diah Nurwitasari dan rengrengan ibu-ibu pengurus KPPI Jabar, kita banyakbelajar dan berbagi pengalaman dari beliau-beliau. (cerita lengkapnya menyusul :))



Ceritanya lagi, karena acaranya ada nginep di hotel, jadi sebelumnya umi dah masak lauk rendang dua kilo ama ungkep ayam (maklum pasukannya banyak),maksudnya biar masuk ramadhan 'ga keteteran, tinggal angetin, tinggal goreng, jree..ng siap deh. Kalo 'ga abinya ama anak-anak terlantar di tinggal. Pesan ini itu sama orang rumah,maklum kalo ga detil pesannya alamat pulang-pulang kerja rodi umi di rumah, dah beres semua jadi tenang ikut pelatihan diiringi restu suami dan anak-anak khan...



Dihari itu juga semua orang pada sibuk-sibuknya, Inab dah waktunya mudik,dijemput aja ama teh aqim pake acara ngebut ama motor, malem-malem pas teh aqim baru pulang juga (beurat, aktifis tea...), soalnya abinya masih ada kerjaan yg ga bisa ditinggal.



Singkatnya sampailah kita dihari menjelang Ramadhan, jam 4 sore umi sampai di rumah. Habis maghrib kita ngumpul keluarga , seperti biasa moment penting ini kita isi dengan muhasabah terakhir masuk Ramadhan. Alhamdulillah,umi bersyukur anak-anak umi dalam kondisi sholeh dan sholeha dan Insya Allah sudah siap menyambut Ramadhan. Kita lagi khusyu' saling tausyiah baru deh abi datang dengan wajah tanpa dosa, padahal dah janji mo pulang sebelum maghrib, tapi ga papa abi khan sudah berjihad buat kepentingan kita semua.



Malam itu kita teraweh pertama di mesjid, sekaligus maaf-maafan sama tetangga yang belum sempat ketemu sebelumnya. Pulang teraweh kita sepakat bobo cepet-cepet, biar sahur pertama ga kesiangan. zz...zz...zz...zz.. Berbunyilah alarm jam 3 pagi, pengennya nambah tidur lagi dikit, abis malam kemarinnya ga bisa tidur, waktu tidur malah kangen-kangenan sama akhwat yang sama-sama ikut pelatihan dan dah lama ga ketemu, tapi karena khadimat kita ga nginep, jadi yang nyiapin sahur ya umi sendiri. Maka dengan mata setengah melek (tapi ga lupa baca do'a) umi menuju dapur dan Masya Allah umi kaget sekali...... sampe mata melek beneran , ternyata...... tempat beras umi kossoong... hiks,hiks..



Maka dengan penuh maaf, warung tetangga di ketok (jangan kapok ya bu warung, soalnya kita kadang beli air minum, obat nyamuk, bumbu dapur ampe beras di jam-jam orang istirahat, :). Alhamdulillah pada akhirnya sahur pertama berjalan mulus walau rada senewen yang diakhiri ketawa bersama. aahh umi repooot....

tapi repot-repot asyik sih ...:)

No comments: